Jumat, 28 Agustus 2009

MOCAF INDONESIA

MOCAF INDONESIA
(Modified Cassava Flour)
SEBAGAI PRODUK KETAHANAN PANGAN MASA DEPAN
DI DUSUN BEJIREJO
KEC. KASEMBON KAB. MALANG JAWA TIMUR

PENGERTIAN MOCAF

MOCAF adalah produk tepung dari ubi kayu (manihod esculenta crantz) yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel ubi kayu secara fermentasi. Microba yang tumbuh menyebabkan perubahan karakteristik dari tepung yang dihasilkan berupa naiknya viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi, dan kemudahan melarut. Mikroba juga menghasilkan asam-asam organik, terutama asam laktat yang akan terimbibisi dalam bahan, dan ketika bahan tersebut di olah akan dapat menghasilkan aroma dan citra rasa khas yang dapat menutupi aroma dan citra rasa ubi kayu yang cenderung tidak menyenangkan konsumen. Selama proses fermentasi terjadi pula penghilangan komponen penimbul warna dan protein yang dapat menyebabkan warna coklat ketika pengeringan. Dampaknya adalah Mocaf-T1 yang dihasilkan lebih putih jika dibandingkan dengan tepung ubi kayu biasa
Karakteristik MOCAF
MOCAF-T1 mempunyai karakteristik fisik dan organoleptik yang specific jika dibandingkan dengan tepung ubi kayu pada umumnya, walaupun dari komposisi kimianya tidak berbeda. Dari hasil analisis, mocaf-T1 dapat digolongkan sebagai produk “edible cassava flour” berdasarkan CODEX STANDART, CODEX STAN 176-1989, (Rev. 1-1995).
Penampakan tepung putih seperti terigu, digunakan untuk subtitusi terigu pada mie instans (low class) dengan subsidi sampai 25%, kue kering, biscuit s/d 100%, bakery s/d 30% dll.

Keunggulan MOCAF

A.kandungan serat terlarut(soluble fiber) lebih tinggi dari pada tepung gaplek.
B.Kandungan mineral(kalsium) lebih tinggi (58) dibanding padi (6) dan gandum (16)
C.Oligasakarida penyebab flatulensi sudah terhidrolis.
D.Mempunyai daya kembang setara dengan gandum tipe II (kadar protein menengah).
E.Daya cerna lebih tinggi dibandingkan dengan tapioka gaplek.

Tujuan
1.Meningkatkan Ketahanan pangan Nasional.
MOCAF yang dibuat dari ubi kayu, merupakan diversitifikasi produk berbasis potensi lokal, akan mengurangi ketergantungan kita akan bahan pangan impor seperti terigu dan beras. Selain itu harga MOCAF yang relatif murah akan meningkatkan akses pangan penduduk miskin.
2.Menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja.
Proses produksi MOCAF melibatkan petani, koperasi dan industri. Mocaf yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan baku industri pangan skala rumah tangga, menengah bahkan industri besar. Produksi MOCAF sebagai industri hulu dan penggunaan MOCAF oleh industri hilir akan menciptakan berbagai peluang usaha dan lapangan kerja.
3.Meningkatkan kesejahteraan petani.
Industri pembuatan MOCAF dengan sendirinya akan meningkatkan permintaan ubi kayu sehingga akan meningkatkan kesejahteraan petani.
4.Meningkatkan pemanfaatan lahan marginal.
Lahan marginal di Indonesia sangat luas dan bila tidak digunakan akan menyebabkan erosi, kebakaran dan menurunnya kesuburan tanah. Tanaman ubi kayu sangat adaftif sehingga dapat tumbuh dan berproduksi di lahan kering. Penggunaan MOCAF sebagai novel food ingredient (bahan pangan baru), pada industri pangan dapat meningkatkan efisiensi usaha dan ketahanan pangan nasional. Proses produksi MOCAF dengan system inti-mitra dengan petani sebagi ujung tombak akan menyerap tenaga kerja dan akan meningkatkan penghasilan petani. Oleh karena itu pengembangan industri MOCAF perlu dukungan kebijakan dan kemauan politik dari pemerintah.

PROSES PRODUKSI MOCAF

Ada sembilan tahapan proses produksi ubi kayu menjadi tepung MOCAF
1.Proses pengupasan kulit luar dan cambium
2.Slicing (pengirisan/penayangan)
3.Proses SEKALI fermentasi kurang lebih selama 24 jam dengan bak terbuka.
4.Proses pengeringan
5.Proses penggilingan
6.Proses packaging (pengemasan)
Penjelasan masing-masing dari proses di atas adalah:
Proses pengupasan, ubi kayu yang akan dip roses dikupas kulit luarnya dengan menggunakan alat atau mesin kupas sampai benar-benar bersih dari sisa kulit dan dicuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir. Setelah dicuci bersih dengan air langsung dilakukan pengupasan/pembersihan kambmium (selaput tipis atau pembuiluh kayu). Setelah terkupas kulit luar dan kambiumnya ubi kayu di slicing(diiris/dirajang) dengan menggunakan alat/mesin slicer menjadi bentuk chip (irisan tipis berbentuk bulat) dan langsung difermentasi dalam bak perendaman selama 24 jam, setelah di rendam diangkat, di tiriskan dan di angin-anginkan di udara terbuka untuk menghilangkan/mengurangi kandungan air di dalam chips, prosen ini dengan istilah pemutusan fermentasi. Chips yang telah siap kemudian kemudian dimasukkan dalam alat pengeringan atau dijemur di bawah terik matahari selama 2x24 jam bergantung cuaca di lantai penjemuran. Setelah chips betul-betul kering dengan KA 15-20% langsung ditepung/di giling dengan menggunakan alat/mesin, dan di ayak untuk memisahkan partikel-partikel yang lembut. Proses terakhir adalah packaging(pengepakan) ukuran 25 kg dengan menggunakan sak berlapis dua.
KANDUNGAN GIZI MOCAF

Dari hasil pengujian lab nutrisi Malang pada bulan JUNI 2009 data yang kami dapatkan adalah sebagai berikut:
Kode :Singkong
Bahan Kering :87.99
Kadar Air : 12.01
Kadar Abu :1.44
Bahan Organik :98.56
Protein Kasar :3.42
Lemak Kasar :0.83
Serat Kasar :2.39
BETN :83.33


Potensi unggulan MOCAF INDONESIA

1.Sumber daya Alam
a.lahan
total lahan yang telah tersedia seluas 1100 m2 untuk produksi dan 25ha untuk lahan penanaman ubi kayu
2.Sumber Daya Manusia
SDM yang dimilki untuk mengelola usaha ini terdiri dari 4 tamatan PT, 1 tamatan Diploma, 12 tamatan SMA, 1 orang ahli mesin dan lain-lain.
3.Sumber Daya Fisik
a.Jaringan transportasi
Jaringan transportasi sangat memadai karena pabrik mempunyai akses jalan keluar masuk bahan baku dan distribusi hasil produksi.
b.Jaringan dan prospek pemasaran
Pemasaran tepung mocaf sangat prospektif disebabkan tiga hal. Yang pertama, tepung mocaf ini didesaign dan di arahkan dalam prosentasi tertentu sebagai bahan subtitusi dari tepung terigu atau minimal menjadi bahan campuran dari tepung-tepung yang sudah ada. Yang kedua, tingkat harga sangat kompetitif. Yang lebih terpenting pabrikan yang sedang beroperasi cukup dekat dengan industri roti dan jenis makanan yang lain. Serta tidak kalah pentingnya adalah tepung MOCAF ini juga bisa di manfaatkan untuk salah satu bahan utama pembuatan pakan ikan (terutama ikan kecil) karena kandungan mineralnya sangat tinggi. Dengan kandungan mineral yang tinggi diharapkan proses pembentukan jaringan dari tubuh menjadi lebih optimal. Sehingga di harapkan kemampuan hidup dan kesehatan dari ikan menjadi lebih baik.



TAWARAN
Bagi anda yang berkenan hati dan bersedia diri untuk mengembangkan ketahanan pangan Nasional berbahan baku local SINGKONG kami mengharap partisipasi anda untuk ikut memberikan dukungan baik berupa moril maupun material guna terwujudnya pengadaan tepung pengganti terigu berbahan local.
Kami tidak pernah berhenti untuk selalu mencari terobosan baru guna terwujudnya ketahana pangan Nasional.
Untuk meningkatkan kadar protein tinggi dalam MOCAF supaya bisa dijadikan roti jenis halus kami telah menemukan sebuah cara baru yang ilmunya kami dapat dari kakek dan nenek kami yang dipraktekkan pada tahun 1950-an.
Apabila anda berkenan dengan tawaran kami kami persilahkan untuk kirimkan email ke alamat kami; yyuns91@yahoo.co.id atau yunusika@gmail.com, dan akan lebih baik bila anda adalah pejabat pemerintahan.

11 komentar:

  1. Kapan mocavnya bisa produksi secara masal n kenapa saat ini blum bsa d gnakan utk roti

    BalasHapus
  2. saya mahasiswa yang akan melaksanakan PKL, dan saya tertarik membahas bahan lokal pengganti tepung dan ingin membahas tentang mocaf? mohon informasinya, industri kue atau maknan yang menggunakan mocaf di daerah malang?

    BalasHapus
  3. Bagi saudara sekalian yang ingin mempelajari atau memperdalam tentang pembuatan mocaf di sini ada info gratis yang saya berikan, peluang ini memang sangat luar biasa dan belum banyak yang tahu. potensi keuntungan yang luar biasa.
    silahkan klik di http://pembuatanmocaf.blogspot.com untuk jelasnya

    BalasHapus
  4. artikel yg bagus, semoga bisa saling berbagi info, saya baru jalan 2 tahun usaha mocaf, bisa di akses di blog : http://tepungsehatshyari.wordpress.com/

    terimakasih

    BalasHapus
  5. terkait tepung mocaf saya sangat memerlukan panduan tekhnis pembuatan tepung mocaf beserta standart tepung yang di syaratkan . selain itu sampai saat ini saya sangat kesulitan mendapatkan bakterinya mohon bisa di bantu. selain itu saya siap bekerja sama. email saya : supriatomopriyo@gmail.com.

    BalasHapus
  6. melayani jasa jasa pasang dan perbaikan sebagai berikut..


    CCTV bisa dipantau dg hp.

    AC pendingin ruangan.

    bel panggil perawat atau pegawai.

    running text LED.

    GPS tracker buat kendaraan.

    ALARM gedung.

    PABX telephone lokal.

    Panel listrik dan instalasi.

    design alat sesuai kebutuhan.

    bel jam otomatis.

    alat elektronik mesincuci dll

    Speaker gedung.

    untuk info lebih lanjut mohon hub saya.
    0822 315 625 89
    Atau
    tsabitataya@gmail.com

    Saya siap brkunjung ke tempat anda.




    ac tidak dingin , servis cctv di malang , tukang cctv , cctv paket berapa , harga cctv , dvr tidak bisa merekam , jasa cctv di malang , cctv di gondanglegi ,. cctv di turen ; beli cctv dimana , cctv mati , pasang cctv, telepon rusak , pbx , kediri , blitar , , pabx , interkom mati , setting pabx di kediri , cctv di kediri, nganjuk , madiun , cctv rusak , dengan , di , pabx , ngadiluwih , pare , dampit , rumah aman , turen , kepanjen , makanan , rejoso , kepanjen , ac rusak , ac dengung , cctv mati , telepon tidak bunyi , tulungagung , malang, madiun , jombang , tidak bisa online , cctv indoor , harga murah , cctv indoor, cctv di turen , servis cctv di malang ,
    rusak ? hub kami., cctv di nganjuk, jual cctv di turen, cctv murah di nganjuk, cctv rusak, cctv tidak bisa onlen, cctv android, jasa cctv di kepanjen, tukang cctv di dampit, ahli pasang cctv, pasang cctv di kediri, jual cctv malang, fungsi cctv adalah, beli cctv dimana, cctv dome, cctv buat rumah, cctv kena petir, pengaman rumah, alarm rumah, cctv yang murah, rekaman cctv, bisa dilihat dg hape, cctv mati, cctv di nganjuk, jasa cctv di kediri, cctv di tulungagung, cctv di batu malang, dvr tidak merekam, cctv tahan cuaca, spycam, hidden kamera, cctv kecil, cctv analog, ac tidak dingin, ac tambah freon, r22, ac mati hidup, pabx rusak, telepon mati, ada kerusakan, ac di turen, ac di malang, nambah freon, ac di malang, service ac, pabx, telepon putus, dering telepon, kenapa telepon mati, cctv, cctv, pengaman rumah, cctv infrared, tukang cctv, jual cctv murah, paket cctv, kota kediri, kota malang, area blitar, area malang, area kediri, kota kediri, kota malang, kota malang, malang cctv, malang cctv, cctv di malang selatan, cctv dampit, cctv di dampit, ac di turen, ac kota malang, tukang ac di turen, jasa ac di turen, jasa ac di malang kota, tambah freon ac, ac tidak dingin, jasa cctv di turen, tukang service di turen, service di dampit, cctv dampit, cctv rumah, pengaman rumah, alarm kebakaran, terekam cctv, perekam cctv, mesin cctv rusak, cctv tidak tampil, cctv infrared. di malang, cctv di malang, cctv malang raya, cctv untuk malang, cctv di malang, cctv malang raya, di malang, cctv malang, cctv dampit, cctv di dampit, cctv di bululawang, cctv kepanjen, arema cctv, cctv dipasang, cctv murah, cctv rumah, cctv internet, cctv malang

    BalasHapus
  7. Terima kasih ntuk blognya.
    Alhamdulillah jadi reperensi tugas saya

    BalasHapus
  8. pak , kami dari pontianak, Kami punya kebun singkong dan pabrik mini pengolahan singkong menjadi mocaf. kami bersama petani tergabung dalam wadah koperasi.kami ingin bekerjasama.
    mohon infonya. dr bp Hasbi 085349895606. atau hasbi.pontianak@planetindonesia.org.

    BalasHapus
  9. Salam orang baikku ......

    Nama saya Sartika Dewi dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Anda uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 80 juta Rupiah dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta uang sehingga saya tidak mendapatkan pinjaman,

    Terima kasih kepada Allah, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dari REBACCA ALMA LOAN COMAPANY, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Rabacca Alma, dan saya menyerahkan 200 juta rupiah, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu yang baik dan dengan rahmat ALLAH. Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.
    Ny. Rebacca Alma, melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
    Mrs. Rebacca Alma Nomor Whatsapp: +14052595662

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email:
    TESTIMONI OLEH Penerima Manfaat: Sartika Dewi
    Email: {sartika2dewi89@gmail.com}
    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    Assalanualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  10. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  11. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus